Cara Bikin Paspor

Hai ceplukers apa kabar sehat semua? Admin datang lagi nih di kanal travelling,. Admin mau kasih tips cara membuat paspor yang mudah dilakuin. Mungkin ada yang masih bingung kemana dulu, apa dulu yang perlu disiapkan, biayanya berapa dan sebagainya. Disini admin coba bantu dengan penjelasan yang simpel dan mudah dipahami, karena ini merupakan salah satu pengalaman admin juga. Oke kita bahas tentang: bagaimana cara bikin paspor?

Pertama, kamu harus mendaftarkan diri secara online untuk mendapatkan nomer antrian pembuatan paspor. Pendaftaran online ini dapat dilakukan dengan download aplikasi Layanan Paspor Online yang dibuat oleh Direktorat Jendral Imigrasi di Play Store (Android) atau bisa juga di website: https://antrian.imigrasi.go.id/

Selanjutnya, buka aplikasi Layanan Paspor Online. Kamu akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang ada di direktorat jendral imigrasi dengan mengisi checkbox dan klik tombol Konfirmasi. Kamu akan diarahkan ke halaman login jika sudah mempunyai akun. Apabila belum mempunyai akun, silahkan mendaftar menggunakan akun google atau akun facebook kamu. Data ini dijamin kerahasiaannya oleh Direktorat Jendral imigrasi ya.

Kamu akan diminta mengisi form data diri dan menyimpan data tersebut dengan klik tombol kirim. Selanjutnya silahkan masukkan username password yang tadi dibuat untuk melakukan pendaftaran antrian pembuatan paspor.

Langkah selanjutnya silahkan pilih kantor imigrasi terdekat yang kamu pengen. Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan GPS untuk memberikan saran kantor imigrasi terdekat dengan anda tinggal saat ini. Namun buat sobat ceplukan yang saat ini sedang merantau dan asalnya dari jogja misal, ada baiknya anda buat di jogja saja. Tapi buat yang pengen membuat elektronik paspor hanya bisa dilakukan di jakarta dan surabaya. Semua tergantung pilihan.

Kalau sudah silahkan pilih tanggal untuk proses penyerahan berkas dan wawancara dikantor imigrasi. For your information, jadwal antrian pembuatan passpor ini dibuka di hari jumat siang untuk antrian minggu berikutnya. Jadi biar gak kehabisan slot, admin sarankan untuk membuka aplikasi dan mengambil nomer antrian dan melakukan pengajuan pembuatan pada hari jumat, kalau waktu ke kantor imigrasi silahkan sesuaikan dengan waktu ceplukers.

Setelah mendapatkan antrian dan menentukan tempat serta jadwal wawancara, kamu harus menyiapkan dokumen pendukung pembuatan paspor sebagai berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku atau surat keterangan pindah keluar negeri asli dan copy.
  2. Kartu Keluarga (KK) Asli dan copy.
  3. Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis asli dan copy.
  4. Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa.

Setelah tiba saatnya jadwal sesuai kesepakatan, silahkan berangkat ke kantor imigrasi dan jangan lupa membawa uang buat biaya pembuatan, jika paspor biasa dengan 48 halaman sekitar 350.000 rupiah dan paspor elektronik 48 halaman sebesar 650.000 rupiah. Eits jangan lupa juga bawa alat tulis minimal pulpen. Karena nanti kamu akan diminta mengisi form dan pasti antrinya rame.

Tibanya di kantor imigrasi, jangan lupa parkir dan kunci kendaraan anda supaya aman dan carilah customer service dengan memberikan nomer antrian anda yang ada pada aplikasi Layanan paspor Online di HP. Customer service akan meminta kamu mengisi form pendaftaran. Apabila sudah selesai, silahkan serahkan form yang kamu isi beserta dokumen pendukung yang sudah kamu siapkan dari rumah dan tunggulah kamu dipanggil untuk melakukan sesi foto dan wawancara.

Saat panggilan tiba, silahkan masuk keruangan sesuai arahan petugas. Nantinya kamu akan diminta foto dan dilakukan sesi wawancara singkat biasanya tentang tujuan kamu membuat paspor buat apa, negara yang pengen kamu tuju pertama mana, yaa tergantung amal dan ibadah lah pertanyaannya.. Tapi tenang, pertanyaannya hanya simpel kok.

Terakhir kamu akan diminta untuk ke customer service dan akan diberikan invoice untuk membayar biaya pembuatan paspor. Biasanya sih ada POS keliling di kantor imigrasi, nah kamu bayar disitu saja. kalau sudah bayar, serahkanlah bukti transfer ke customer service dan kamu akan dapat jawal pengambilan paspor dengan waktu yang sudah ditentukan tergantung rame tidaknya antrian. Biasanya sih 3-7 hari kerja.

Apabila kamu lagi sibuk dan gak bisa ngambil, boleh diwakilkan tapi dengan orang yang ada satu KK dengan kamu.

Oke, cukup jelas ya cara pendaftaran paspor dari admin. Jika ada pertanyaan atau kurang jelas silahkan isi komen dibawah.

Seoga artikel ini membantu ceplukers semua.

Salam,

Ceplukan, kecil bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.