Cara Mengguakan Sophos SSL VPN Client

Hai sobat ceplukan atau biar gampang saya panggil ceplukers ya. Terimakasih sudah mampir ke blog ceplukan yang akan memberikan anda informasi simpel kecil tapi bermanfaat. Postingan di kanal teknologi kali ini admin akan memberikan tutorial menggunakan Spohos SSL VPN untuk mengakses alamat website yang tidak semua orang dengan bebas mengaksesnya. Sebelumnya kita perlu tau nih apa itu SSL apa itu VPN dan apa itu aplikasi Sophos. Baik admin jelaskan sedikit biar gak pusing.

SSL atau Secure Socket Layer adalah lapisan keamanan yang digunakan oleh sebuah situs web untuk melindungi transaksi dari pengguna. Sebagai gambaran saja, website yang menggunakan SSL biasanya mendapat rangking SEO yang lebih baik.

VPN atau Virtual Private Network adalah saluran antara satu private newtwork ke private network lainnya dengan menggunakan jaringan publik (internet).

Jadi SSL VPN ini intinya untuk meningkatkan segi keamanan dari websit terutama website yang memiliki transaksi penting, supaya tidak banyak celah yang digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Lalu, apa itu Sophos SSL VPN? Sophos SSL VPN adalah sebuah aplikasi SSL client yang dibuat oleh perusahaan Spohos yang bertujuan untuk melakukan akses private dari jarak jauh melalui VPN yang aman dan dapat digunakan diaplikasi berbasis windows, linux, mac os, dan unix. Berikut tutorial penggunaan aplikasi Sophos:

  1. Pastikan server jaringan public anda sudah terinstall produk Sophos terbaru. Jika belum silahkan minta ke admin untuk menginstall Sophos.
  2. Buka browser seperti: Google Chrome, Mozilla Firefox atau lainnya.
  3. Silahkan masukkan alamat IP Public dari jaringan yang sudah terinstall Sophos. Misal : https://203.123.89.35
  4. Masukkan username password yang sudah anda miliki. Apabila belum memiliki, silahkan kontak ke admin jaringan di perusahaan anda.
  5. Pilih menu SSL VPN kemudian pilih download client and configuration for windows.
  6. Install software yang sudah anda download dan ikuti sesuai arahan. Cukup install default saja tidak perlu diotak atik. Jika sudah selesai diinstal icon sophos akan muncul di pojok kakan bawah layar anda. Jalankan Sophos dengan cara klik kanan pada icon berupa lampu merah lalu lintas dan pilih menu connect.
  7. Masukkan user dan password (user password sama dengan user password untuk login di user portal – langkah no 1. Setelah koneksi sukses silahkan ssh ke server yang diinginkan

Itu tadi penjelasan dari admin mengenai penggunaan aplikasi Sophos SSL VPN Client untuk melakukan koneksi aman seecara private melalui internet. Apabila sudah paham, anda tinggal melakukan koneksi ke SSH menggunakan console terminal atau bisa juga menggunakan aplikasi berupa UI seperti WinSCP tergantung kebiasaan ceplukers suka yang mana.

Ada beberapa layanan aplikasi untuk SSL VPN yang sejenis dengan Sophos, seperti:

  • AnnyConnect milik Cisco
  • Open VPN
  • LogMeIn Hamachi dan masih banyak lainnya.

Sekian ulasan Sophos dari admin ceplukan. Apabila ada kesalahan dalam pembahasan, admin mohon maaf dan apabila ada pertanyaan silahkan isi form komen dibawah demi kemajuan admin dalam membuat blog yang baik.

Salam, Ceplukan

Kecil Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.