Kuliner Jogja – Kopi Menoreh Pak Rohmat

Hari libur panjang enaknya jalan jalan ya gaes. Buat yang sedang liburan ke jogja dan sekitarnya, yang pengen nongkrong anti mainstream dan suka kesejukan pegunungan cocok banget nih buat berkunjung ke Kopi Menoreh Pak Rohmat, tempat ini lagi hits di jogja dan kalau ditanya tempatnya dimana, silahkan cari di google dengan kata kunci : kopi menoreh pak rohmat. Lokasinya sih ada di bagian barat kota yogyakarta.

Kedai yang terletak di perbukitan menoreh ini jika ditempuh dari pusat kota yogyakarta memakan waktu 2 sampai 3 jam tergantung kepadatan lalu lintas di jogja, apalagi saat ini lagi libur panjang ya guys. Admin sarankan sih kalau kamu posisi ada dipusat kota jogja, silahkan berangkat pagi kisaran jam 9-10 WIB. Sepanjang perjalanan kalau kamu sudah sampai ke daerah kulon progo akan disajikan pemandangan yang menyegarkan mata, hati dan pikiran setelah sekian lama bertemu dengan gedung, kebisingan dan kemacetan serta tingkat stress yang tinggi.

Ceplukers yang budiman, kita mulai aja pembahasan kedai kopi ini ya. Pertama mengenai parkiran kedai, menurut admin sih kurang memadai karena kedai ini terletak di pinggiran bukit jadi parkiran ya cuma seadanya kalau dibayangin sih seperti parkiran rumah orang yang muat 4-5 mobil begitu., sisanya mungkin dapat parkir dipinggir jalan ya.

Saat masuk ke dalam, kamu akan melewati lorong parkiran rumah pak rohmat dan barulah terlihat kedai kopi yang terletak di bibir bukit menoreh menghadap ke jurang dan hutan. Kamu akan disambut oleh ibu ibu dengan logat khas jawa yang dengan ramahnya akan memberikan menu untuk dilihat dan mencarikan tempat duduk yang kosong, atau kamu dapat memilih sendiri tempat duduk yang kamu inginkan. Saran admin sih, silahkan cari tempat duduk dengan view yang paling menarik dan sangat disarankan di gubug gubug lesehan suaya lebih dapet kesan klasiknya.

Menu yang paling favorit disini adalah : kopi lanang dan kopi luwak original. Berdasarkan penjelasan penjualnya kopi lanang ini merupakan kopi pilihan dan disebut lanang karena tidak dapat dikembangbiakkan lagi . Sedangkan kopi luwak original merupakan hasil dari biji kopi yang diambil dari kotoran luwak atau musang. Harga kopi luwak ini paling mahal dibandingkan varian lainnya yaitu 40 ribuan sedangkan lainnya kisaran harga 5000 – 25000.

Menu lain yang populer disini adalah ingkung ayam jago. Namun admin sarankan kamu sabar menunggu untuk ayam ingkung yang super lezat ini. Berdasarkan pengalaman admin, proses memasaknya lumayan lama sekitar 2 samapi 3 jam jadi siap siap ngiler sambil bosan menunggu. Kalau mau enak sih janjian by phone dengan penjual supaya dimasakkan terlebih dahulu. Kalau hanya iseng mampir dan tetap pengen makan ingkug ini, belilah menu pendamping sembari menunggu masakan ingkung matang. Harga 1 paket ingkung ayam beserta lauk pauk ini adalah: 150.000 rupiah, tergolong murah sih, tapi ya nunggunya itu yang sabar ya.

 

Di kedai ini disediakan camilan khas ndeso yang disajikan sudah dalam bentuk satu paket dengan minuman maupun bisa dibeli satuan, kalau dilihat dimenunya kurang lebih ada camilan berikut:

  • Tahu isi
  • Geblek (makanan khas kulon progo nih wajib dicoba)
  • Singkong rebus
  • Mendoan
  • Gorengan dan lainnya.

Harga camilan tersebut perporsi adalah 10.000 rupiah. Sambil menunggu kopi dan makanan datang, kamu bisa jalan jalan atau sambil istirahat di gubug sambil melihat pemandangan di perbukitan menoreh.

Sekian ulasan kedai kopi pak rohmat beserta ingkung ayamnya, semoga menjadi referensi tempat nongkrong buat ceplukers yang lagi berlibur di jogja. Salam hangat dari ceplukan, kecil bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.