Tutorial Google ReCaptcha Pada Website

Salam sayang ceplukers, Sesuai judul artikel admin akan sedikit membahas mengenai implementasi Google ReCaptcha pada website ceplukers. Sebelum mulai, kita perlu tahu dulu nih apa itu google recaptcha. Google ReCaptcha adalah salah satu dari sekian banyak captcha (metode keamanan yang memberikan uji tanggapan untuk pengguna aplikasi dan memastikan bahwa jawaban yang dikirim merupakan jawaban dari human / manusia bukan dari mesin / komputer) yang dikembangkan oleh google untuk menambahkan sisi kemanan pada website pengguna.

Biasanya nih Google ReCaptcha banyak diaplikasikan pada website yang dibuka secara umum dan memiliki fungsi posting menuju basis data atau internal aplikasi. Selain itu Google ReCaptcha juga digunakan pada halaman login website untuk menjamin keamanan bahwa yang mengakses website tersebut memang benar manusia. Nah dari penjelasan singkat ini harusnya ceplukers sudah sedikit paham ya. Kalau begitu admin akan memberi tutorial Google ReCaptcha pada website secara teknis.

  1. Silahkan kunjungi halaman googl recaptcha dengan mencari di google menggunakan kata kunci google recaptcha atau masukkan link berikut : www.google.com/recaptcha/intro/v3.html
  2. Pastikan kamu memiliki akun google untuk dapat masuk ke halaman google recaptcha, silahkan masukkan alamat email dan password (boleh menggunakan akun gmail kamu).
  3. Klik tombol Admin Console: , kamu akan masuk ke halaman beranda Google ReCaptcha.
  4. Masukkan label untuk Google ReCaptcha kamu bebas sesuai keinginan
  5. Pilihlah versi Google ReCaptcha yang di sediakan google, ada versi V2 dan V3 tergantung tingkat kesulitan yang dibutuhkan. Menggunakan V2 saja sudah cukup, kemudian pilih sub kategori pilihan ada 3 yaitu: i’m not robot checkbox, validate request in the background, recaptcha android (kalau kamu ingin memasang recaptcha di aplikasi android).
  6. Masukkan domain yang ingin dipasang Google ReCaptcha.
  7. Pastikan owner atau pemilik akun recaptcha adalah kamu sendiri.

Apabila sudah mengisi semua, jangan lupa centang Accept the reCAPTCHA terms of Service dan menekan tombol submit untuk menuju halaman selanjutnya. Selanjutnya kamu harus menyimpan barisan kode site key dan secret key di local storage untuk menjadi backup apabila kamu lupa. Nantinya yang akan digunakan dalam website adalah secret key.

Oke step generate kode sudah selesai, selanjutnya admin akan menjelaskan proses implementasi Google ReCaptcha ini ke website. Mungkin admin akan memberikan tutorial pemasangannya di halaman login.

Masuklah ke halaman fungsi untuk login, jika kamu menggunakan framework yang sudah MVC (model, view, controller) silahkan panggil alamat verifikasi Google ReCaptcha seperti berikut:

'https://www.google.com/recaptcha/api/siteverify?secret=' . $secret_key . '&response='.$_POST['g-recaptcha-response'];

dimana $secret_key merupakan variable yang menyimpan kode anda dan $_POST[‘g-recaptcha-response’] merupakan data hasil inputan yang dikirim dari halaman view yang diisi oleh pengguna. Kemudian untuk melihat respon dari Google ReCaptcha silahkan panggil fungsi get content seperti berikut:

$response = @file_get_contents($api_url);

dan untuk menggunakan hasil respon dari get content biasanya admin menyimpannya kedalam sebuah variable dan fungsi json_encode untuk menggunakannya ke dalam sebuah kondisi misal : $data = json_decode($response, true);

Apabila response data true maka arahkanlah ke halaman beranda atau dashboard yang menandakan bahwa pengguna berhasil login dan melewati Google ReCaptcha, apabila belum lolos silahkan kembalikan ke halama login.

Cukup mudah untuk menambahkan keamanan pada website anda dengan menggunakan fitur yang sudah disediakan google ini. Sekian penjelasan singkat dari admin untuk implementasi Google ReCaptcha apabila ada pertanyaan silahkan komen di bawah tetapi degan sopan dan bertanggung jawab ya. Jangan lupa tunggu artikel selanjutnya ya ceplukers. Terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.